Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Mafia Italia Ditangkap di Inggris

Kompas.com - 09/08/2013, 10:06 WIB
LONDON, KOMPAS.COM - Salah seorang gembong mafia Italia yang buron selama hampir 20 tahun sudah hadir di sidang di London untuk pengadilan ekstradisinya. Sidang digelar sehari setelah Kepolisian Inggris menangkap Domenico Rancadore, Rabu (07/08) malam, di sebuah rumah di kawasan London barat.

Laporan-laporan menyebutkan pria berusia 64 tahun itu menjalankan bisnis agen perjalanan dan kawin dengan perempuan Inggris dan memiliki anak. Pihak berwenang Italia sudah menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara secara in absentia terkait dengan aksi kejahatan pada awal 1990-an.

Dia disebut sebagai bos mafia di kota Trabia, Sisilia, dan masuk dalam daftar para penjahat yang paling berbahaya.

Tetangga Yang Baik

AFP Tempat kediaman Domenico Rancadore di Inggris. Ia berkeras kepada para tetangganyua bahwa dia perlu pagar rumah yang tinggi.
Kementerian Dalam Negeri Italia mengeluarkan pernyataan bahwa penangkapan Rancadore -yang dikenal dengan nama panggilan i profissuri atau guru- dilakukan atas kerja sama dengan polisi Inggris. "Operasi merupakan hasil dari hubungan yang penting dalam kerjasama polisi internasional melakui Interpol," tulis pernyataan tersebut.

Surat penangkapan internasional untuk Rancadore sudah dikeluarkan sejak tahun 1998.

Sejumlah warga di Uxbridge -tempat ditangkapnya Rancadore- mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia mengaku bernama Marc Skinner dan memiliki dua anak. "Saya mengenalnya dengan baik dan merupakan salah seorang tetangga terbaik yang Anda punya," tutur Joan Hills, warga setempat yang berusia 76 tahun.

"Mereka sudah berada di sini bertahun-tahun. Saya melihat anak-anaknya berkembang bersama anak saya," tutur Joan Hills. Hills menambahkan Skinner merupakan tetangga yang baik dan sama sekali tidak mengetahui tentang latar belakangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com