Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Tinggal Lebih Lama di Selandia Baru

Kompas.com - 06/08/2013, 18:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Selain kebanjiran turis China, Selandia Baru juga mencatat waktu tinggal lebih lama dari para pelancong Negeri Tembok Raksasa itu. Badan Pariwisata Selandia Baru dalam catatannya menunjukkan, sampai dengan enam bulan pertama 2013, turis China dua kali lebih lama tinggal di Negeri Kiwi.

Data yang diwartakan AP pada Selasa (6/8/2013) menunjukkan, ada 23.000 grup wisatawan China yang tinggal lebih lama untuk satu destinasi, sementara hampir 40.000 turis independen China yang datang.

Angka ini dibandingkan dengan 15.000 grup turis ke Selandia Baru dan 21.000 turis
independen dari China sampai dengan akhir Juni setahun silam.

Catatan itu memang tidak menunjukkan definisi "tinggal lebih lama". Namun begitu, catatan itu mengatakan pengunjung yang tinggal lebih lama jumlahnya 25 persen dari total turis asal China. Angka ini naik dari posisi awal 20 persen periode sebelumnya.

Selama setahun, rerata ada 220.000 turis China bertandang ke Selandia Baru. Turis China adalah pasar kedua bagi pariwisata Selandia Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com