Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan terhadap PM Kevin Rudd Menurun

Kompas.com - 05/08/2013, 09:58 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Dukungan bagi Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menurun pada Minggu (4/8/2013), tepat saat ia mengumumkan bahwa tanggal pemilihan umum akan berlangsung pada 7 September mendatang.

Menurut jajak pendapat Newspoll yang dilakukan beberapa jam sesudah pengumuman itu, Rudd menjadi underdog, demikian dilaporkan news.com.au, Senin (5/8/2013).

Jadwal pemilu pada 7 September itu berarti seminggu lebih awal dari jadwal yang diajukan pendahulunya, mantan Perdana Menteri Julia Gillard. Koresponden Kompas.com di Australia, Harry Bhaskara, melaporkan bahwa kepastian tanggal pemilu telah menjadi spekulasi media sejak Rudd menggantikan Gillard sebagai perdana menteri tanggal 26 Juni dalam suatu pertemuan internal Partai Buruh.

Kepuasan pendukung terhadap Rudd melorot empat persen dua minggu terakhir dari 42 persen ke 38 persen dan ketidakpuasan melonjak dari 41 persen ke 47 persen. Survei yang sama juga mencatat bahwa dukungan terhadap Partai Buruh turun satu persen dalam dua minggu terakhir ke 37 persen dibandingkan dengan pihak Koalisi yang bertengger di angka 44 persen.

Untuk pilihan antara dua partai, pihak Koalisi mempertahankan posisinya pada 52 persen terhadap Partai Buruh yang berada pada 48 persen.  Dukungan untuk Partai Hijau turun satu persen dibanding pemilu lalu yang tercatat 11,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com