Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pesawat Tempur AS Tabrakan di Udara

Kompas.com - 03/08/2013, 10:12 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber Antara
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Dua pesawat tempur AS yang sedang melakukan pelatihan rutin bertabrakan di udara pada Jumat (2/8/2013) malam. Salah seorang pilot pesawat itu melontarkan dirinya, dan belakangan diselamatkan oleh Penjaga Pantai, kata militer AS, Jumat.

Menurut siaran pers Penjaga Pantai, seorang pilot Pengawal Udara Nasional diselamatkan setelah pesawatnya jatuh sekitar 35 mil di sebelah timur-laut Chincoteague, California.

Siaran pers tersebut mengatakan, pengawas pantai dari Pusat Komando Distrik Ke-5 Penjaga Pantai menerima pemberitahuan melalui satelit pencarian dan pertolongan otomatis membantu melacak sinyal bahaya dari kursi yang dilontarkan dan terdaftar atas pesawat Pengawal Udara Nasional pada Kamis larut malam.

Setelah itu, Navy’s Fleet Area Control and Surveillance Facility di Naval Air Station Oceana di Pantai Virginia menghubungi pengawas Penjaga Pantai dan mengonfirmasi jet Tempur Falcon F-16C Pengawal Udara Nasional Wing K-113 DC terlibat dalam tabrakan di udara.

Seorang pilot melontarkan diri, sementara pesawat F-16 kedua terbang kembali ke Joint Base Adrews, Maryland.

Seorang anggota awak Coast Guard Air Station Elizabeth City kemudian dikirim dengan menggunakan helikopter Jayhawk MH-60 untuk membantu.

Pada Jumat pagi, awak Jayhawk menyelamatkan pilot F-16 itu dan membawa dia ke Joint Base Andrews.

Pilot F-16 yang diselamatkan tersebut berada dalam kondisi baik, dan penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki, kata siaran pers itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com