Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pertiga Suara Milik Mugabe

Kompas.com - 03/08/2013, 06:12 WIB
Josephus Primus

Penulis


HARARE, KOMPAS.com — Presiden petahana Zimbabwe, Robert Mugabe, diperkirakan bakal melanggengkan kekuasaan. Dikutip dari AP pada Jumat (2/8/2013), hasil sementara pemilihan umum presiden di negara bekas jajahan Inggris menunjukkan dua pertiga suara pemilih sudah dikantongi Mugabe.

Otoritas Partai ZANU-PF, partai Mugabe, yang tak hendak disebut namanya membenarkan hal itu.
Pada pemilu yang berlangsung pada 31 Juli 2013 ini, Robert Mugabe berhadapan dengan perdana menteri petahana Morgan Tsvangirai, tokoh yang awalnya sejalan dengan Mugabe.

Namun, setelah jajak pendapat berdarah pada 2008, keduanya menemukan banyak ketidakcocokan. Tak cuma itu, Tsvangirai terganjal perkara korupsi dan skandal seks. Korupsi yang ditudingkan ke arah Tsvangirai itu terjadi di partainya, Gerakan Perubahan Demokratik (MDC).

Ada sekitar 6,4 juta pemilik suara di ZImbabwe. Pemilihan pada Rabu kemarin merupakan putaran pertama pemilu presiden. Hasil resmi pemungutan suara hari itu dijadwalkan keluar dalam waktu lima hari. 

Menariknya, di Zimbabwe tidak ada jajak pendapat yang dinilai kredibel. Namun, survei pada Maret hingga April 2013 yang dilakukan oleh Lembaga Survei William dari Amerika Serikat menyebutkan 61 persen dari 800 responden berniat memilih MDC, partai Tsvangirai. Survei itu menyebutkan hanya 27 persen responden yang berniat memilih partai Mugabe, ZANU-PF. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com