Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Myanmar Masih Berpotensi Banjir

Kompas.com - 02/08/2013, 18:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Meski sudah sempat berlalu, air bah yang melanda Myanmar bakal datang lagi. Soalnya, hujan deras belum mau hengkang dari Myanmar. Khusus dari wilayah Timur negeri itu.

Warta laman Bangkok Post pada Jumat (2/8/2013) menunjukkan sedikitnya tiga warga Myanmar tewas oleh banjir itu. Sementara, ribuan warga masih bertahan di tempat-tempat pengugsian.

Di Negara Bagian Karen, misalnya, ada sekitar 33.500 pengungsi. Mereka tinggal sementara di 79 penampungan.   


Sementara itu, tercatat 245 sekolah terpaksa ditutup gara-gara tanah longsor yang merusak akses jalan. Kejadian ini ada di Karen pula.

Di Negara Bagian Mon, pemerintah Myanmar mencatat 4.700 warga terusir oleh banjir. Meski begitu, ada juga yang kembali ke rumah masing-masing.

Pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  mengatakan sudah mengirimkan bantuan obat-obatan dan makanan. PBB juga mengirimkan tablet pemurni air untuk membantu pengungsi di kedua negara bagian itu.

Pihak berwenang di Myanmar mengingatkan hujan deras akan terjadi di kawasan sungai-sungai di Delta Irrawaddy. "Warga diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi banjir,"demikian maklumat pemerintah Myanmar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com