Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Tinggal di Lokasi Rahasia

Kompas.com - 01/08/2013, 22:25 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Setelah 39 hari mendekam di zona transit bandara Sheremetyevo, Moskwa, buronan paling dicara AS, Edward Snowden bisa meninggalkan bandara itu, Kamis (1/8/2013), tanpa terdeteksi.

Kuasa hukumnya, Anatoly Kucherena, mengaku tidak mengetahui lokasi yang dituju Snowden setelah meninggalkan bandara.

"Dia adalah orang yang paling dicara di muka Bumi ini. Apa yang Anda kira akan dia lakukan? Dia harus memikirkan keselamatan dirinya. Saya tak bisa mengatakan ke mana dia pergi," kata Kucherena.

"Saya memasukkannya ke dalam taksi dan memberinya sertifikat yang membuatnya mendapatkan status pengungsi di Federasi Rusia. Dia bisa tinggal di manapun yang dia suka di wilayah Rusia. Itu pilihan pribadinya," tambah Kucherena.

Meski tidak mau menyebut tujuan Snowden, Kucherena memastikan pria itu tidak akan tinggal di kedubes Venezuela, Bolivia, atau Nikaragua yang berada di Moskwa.

Ketiga negara Amerika Selatan itu sebelumnya telah menawarkan suaka politik untuk pembocor data intelijen AS tersebut.

"Saya akan memberi sedikit informasi. Snowden memiliki teman di Rusia, seorang teman Amerika yang bisa memastikan keamanan dirinya untuk sementara waktu," kata Kucherena kepada stasiun televisi Rossiya 24.

Sementara itu, Sarah Harrison, perwakilan WikiLeaks yang menemani Snowden selama ini, mengucapkan  terima kasih atas dukungan Rusia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rakyat Rusia dan semua pihak yang membantu Snowden. Kami sudah memenangkan pertempuran, namun perang masih berlangsung," ujar Sarah lewat akun Twitter-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com