Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Boleh Bawa Tas ke Dalam Toko, Pelajar Lapor ke Komisi HAM

Kompas.com - 01/08/2013, 21:04 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Toko alat tulis Officeworks di Wollongong, Australia menghentikan kebijakan yang  mengharuskan pelajar meletakkan tas di depan pintu saat akan memasuki toko.

Keputusan itu diambil setelah seorang pelajar melaporkan kebijakan tersebut ke Komisi HAM setempat.

Nicholas Simoes da Silva (18) mengaku dirinya merasa didiskriminasikan karena hanya pelajar yang diminta meletakkan tas di depan toko alat tulis tersebut.

"Tidak ada  yang menjaga dan memastikan tas kami tidak akan dicuri, mereka tidak menyediakan apapun untuk menjaga tas-tas kami di depan pintu,” katanya.

Simoes da Silva juga mengatakan dia mungkin tidak merasa didiskriminasi kalau saja aturan tersebut berlaku untuk semua pengunjung.

Situasi ini kemudian dimediasi Komisi HAM setempat yang menemui langsung pengelola toko alat tulis tersebut.

"Anda tidak dibenarkan melakukan diskriminasi berdasarkan umur atas jasa, barang dan layanan yang diberikan di toko ini,” kata Simoes Da Silva menjelaskan keluhannya.

"Saya menelepon Komisi HAM karena saya pikir mereka bisa menjelaskan apakah masalah ini bisa diperkarakan. Dan mereka mengatakan, “tentu saja Anda bisa melaporkan kasus diskriminasi ini” maka saya kemudian memproses keluhan ini secara online,” papar Simoes.

Dalam pernyataannya pengelola Officeworks mengatakan perusahaan itu tidak pernah menerbitkan kebijakan yang meminta pengunjung meletakkan tas mereka di depan pintu toko itu.

Masalah ini sudah diselesaikan dan semua toko sudah diingatkan untuk menghentikan praktik semacam itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com