Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Akhirnya Tinggalkan Bandara Moskwa

Kompas.com - 01/08/2013, 19:24 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Buron pembocor data intelijen AS, Edward Snowden, Kamis (1/8/2013), akhirnya meninggalkan zona transit bandara Sheremetyevo, Moskwa, yang menjadi tempat tinggalnya selama satu bulan terakhir.

Snowden meninggalkan bandara setelah Pemerintah Rusia memberinya suaka politik sementara selama satu tahun di Rusia. Demikian kuasa hukum Snowden, Anatoly Kucherena.

"Snowden sudah meninggalkan bandara Sheremetyevo. Dia baru saja menerima sertifikat yang memberi dia suaka sementara di Rusia selama satu tahun," kata Kucherena.

Edward Snowden tiba di bandara Sheremetyevo pada 23 Juni lalu dari Hongkong dalam perjalanan menuju ke Havana, Kuba.

Namun, setibanya di Moskwa, Snowden tidak melanjutkan perjalanannya ke Kuba dengan pesawat milik maskapai Rusia, Aeroflot.

Snowden sebelumnya pernah mengajukan suaka politik ke Rusia yang ditanggapi positif, tetapi disertai sejumlah syarat.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bersedia memberi suaka untuk Snowden asalkan pria berusia 30 tahun itu tidak melanjutkan kegiatannya mengganggu kepentingan Amerika Serikat.

Snowden juga menerima tawaran suaka dari Venezuela, Nikaragua, dan Bolivia. Namun, Snowden sulit mencapai salah satu dari tiga negara itu karena Pemerintah AS telah mencabut paspornya.

Snowden akhirnya mengajukan permohonan suaka sementara ke Rusia yang akhirnya dikabulkan hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com