Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan AS Ingatkan soal Pemangkasan Anggaran Militer

Kompas.com - 01/08/2013, 17:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengingatkan soal konsekuensi realisasi
pemangkasan anggaran militer Negeri Adidaya tersebut. Selama sepuluh tahun ke depan, tulis AP pada Rabu (1/8/2013), dana militer AS akan susut hingga 500 miliar dollar AS. "Kondisi ini memaksa Pentagon memilih antara masa-masa libur modernisasi dan hadir dengan kekuatan lebih kecil," katanya di Washington.

Pemangkasan itu berarti pemotongan persenjataan tempur. Tak cuma itu, personel Angkatan Darat (AD) AS akan susut sekitar 380.000 orang. Lalu, Korps Marinir akan berada dengan kekuatan pengurangan 150.000 personel.

Pentagon dalam rencana pengurangan hingga sepuluh tahun ke depan akan menjadikan AD berkekuatan 490.000 personel. Lalu, Korps Marinir akan punya hanya 182.000 serdadu saja.

Hagel juga menambahkan, grup peralatan tempur Angkatan Laut (AL) AS akan berkurang dari 11 menjadi 9 atau 8. "Angkatan Udara (AU) AS juga akan memensiunkan pesawat-pesawat pengebom gaeknya," kata Hagel.

Pemangkasan anggaran, kata Hagel, juga menyentuh pengurangan faktor-faktor pada sektor penyediaan gaji, fasilitas perumahan dan kesehatan bagi tentara. Hal ini merupakan risiko dari kebijakan tersebut.

Dalam penghitungan Pentagon, per tahunnya, militer AS akan menghadapi pengurangan dana hingga 50 miliar dollar AS. Target ini akan terus berlangsung sampai dengan 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com