Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bayinya Meninggal, Sang Ibu Diam Saja

Kompas.com - 01/08/2013, 08:38 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.COM - Seorang ibu berumur 35 tahun membiarkan dua bayinya yang sudah meninggal tetap di kamar selama seminggu hanya karena tidak tahu bagaimana caranya memberitahukan pada orang lain, lapor harian Brisbane Times dari pengadilan, Rabu (31/7/2013).

Sebuah video yang diputar pada hari yang sama di pengadilan memperlihatkan wawancara polisi dengan sang ibu beserta pasangannya. Keduanya dituduh telah membunuh bayi mereka. Koresponden Kompas.com di Australia, Harry Bhaskara, melaporkan, wawancara tersebut dilakukan pada malam hari di tahun 2008 segera setelah jenazah dua bayi kembar berumur satu setengah tahun itu ditemukan oleh saudara perempuan mereka yang berumur 11 tahun.

Kedua bayi tersebut meninggal karena kelaparan di sebuah rumah di kawasan Sunnybank Hills di selatan Brisbane. Dengan penuh emosi sang ibu bertutur pada polisi bahwa dia menemukan kedua bayinya tewas di kamar seminggu yang lalu. Sang ibu tahu bahwa bayinya sudah meninggal karena mata mereka terbuka dan tubuh mereka dingin. Ketika sang ibu mau menyampaikan hal tersebut pada sang ayah, ia sedang marah jadi sang ibu mengurungkan niatnya.

Lalu ketika sang ayah bertanya bagaimana bayinya, sang ibu menjawab bahwa mereka sedang tidur. “Saya betul-betul tidak tahu bagaimana menyampaikan hal itu pada orang lain,” tutur sang ibu.

Ia masuk ke kamar kedua bayinya berkali-kali dalam seminggu dan mencoba menggerakkan-gerakkan tubuh mereka serta menutup tubuh mereka dengan selimut, tuturnya. “Saya masuk, melihat mereka sebentar dan keluar lagi,” kata sang ibu. “Lalu saya menangis. Saya duduk --- dan berpikir orang lain perlu tahu, saya perlu memberitahu seseorang.”

Ditanya mengapa bayinya meninggal, ia menjawab bahwa mereka tidak diberi makan yang cukup. Ia memberi mereka susu formula, tuturnya, lalu ia sakit flu dan tidak ingat lagi berapa kali ia memberi susu pada bayinya. “Saya kira mereka kekurangan susu, itu satu-satunya yang saya ingat,” tuturnya.

Ditanya apakah ia telah menelantarkan bayinya, ia menjawab, “Iya, saya tidak tahu mengapa hal ini sampai terjadi.”

Sang ibu dan pasangannya yang berumur 32 tahun dalam sidang di pengadilan tinggi Brisbane itu menepis tuduhan bahwa mereka telah membunuh bayi mereka. Sidang akan dilanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com