Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikat Mobil Ferrari Palsu Digulung

Kompas.com - 01/08/2013, 01:16 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MADRID, KOMPAS.com — Kepolisian Spanyol, Rabu (31/7/2013), menyatakan telah menggulung sindikat pemalsu mobil Ferrari. Oleh sindikat ini, mobil biasa dirakit ulang menjadi sebuah mobil berpenampilan laiknya tampilan Ferrari yang mewah dan mahal.

Mobil Ferrari palsu ini kemudian ditawarkan kepada pembeli melalui internet. Kantor berita AFP mengutip kepolisian Spanyol melaporkan, anggota polisi menyerbu dua garasi tempat sindikat ini "menyulap" mobil biasa menjadi mobil Ferrari. Garasi ini terletak di pinggiran timur kota Valencia.

Dalam pernyataan kepolisian disebutkan, delapan orang ditahan. Mereka adalah perakit mobil dan penjual. Bersama mereka disita 10 mobil yang belum dimodifikasi, 17 mobil Ferrari palsu, dan 2 mobil Aston Martins yang juga diduga palsu.

Ferrari dan Aston Martins yang masuk kategori mobil mewah ditawarkan oleh sindikat ini melalui iklan di situs internet dengan kisaran harga 40.000 euro atau setara Rp 530 juta. "Harga ini jauh dibandingkan harga Ferrari asli sekitar 200.000 euro (sekitar Rp 2,4 miliar) di pasar resmi," ujar polisi.

Para tersangka sindikat pemalsu ini menggunakan lembaran fiber glass untuk mengubah tampilan mobil biasa menjadi sebuah Ferrari atau Aston Martins. Mereka kemudian memasang logo Ferrari sebagai penyempurnaan aksi pemalsuan itu.

Penampilan akhir dari mobil Ferrari palsu ini cukup sempurna mendekati aslinya, baik desain luar maupun interior, bahkan rincian mesinnya. Secara umum, mobil Ferrari palsu ini tak berbeda jauh dengan model Ferrari yang asli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com