Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad Coba Menangkan Perang Lewat Instagram

Kompas.com - 31/07/2013, 14:56 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Di tengah kecamuk perang saudara yang sudah memakan korban lebih dari 100.000 orang tewas, Presiden Suriah Bashar al-Assad membuka akun Instagram.

Lewat situs yang menjadi ajang penggunanya berbagi foto, Assad berusaha menampilkan sisi lain dirinya sebagai sosok humanis, dekat dengan rakyat, dan penuh cinta kasih.

Kantor kepresidenan Suriah sebelumnya sudah memiliki akun YouTube, Facebook, dan Twitter. Dan kini Instagram menjadi cara baru untuk Assad dan pendukungnya menunjukkan "kebaikan" sang pemimpin.

"Kami mencintaimu," salah seorang pengguna Instagram mengomentari salah satu foto kegiatan Bashar al-Assad.

Di antara sejumlah foto yang diunggah ke situs ini, terlihat istri Assad, Asma mengenakan pakaian informal sedang berdiskusi serius dengan sejumlah remaja.

Di foto lain terlihat Asma sedang mengusap air mata seorang anak kecil.

Namun, akun Instagram Assad "menolak" adanya komentar-komentar negatif.

"Bashar Assad memblokir saya di Instagram," kata seorang aktivis anti-Assad.

Sementara itu, juru kampanya Amnesti Internasional Kristyan Benedict mengatakan, untuk Assad foto-foto yang diunggah ke Instagram memiliki arti yang sangat penting.

"Dalam satu tingkatan tidak mengejutkan jika menemukan sebuah pemerintah, bahkan yang paling menindas seperti rezim Damaskus, menggunakan media jejaring sosial untuk menunjukkan pandangan mereka yang sempit tentang dunia.

"Tapi tak akan ada foto, kicauan Twitter atau status Facebook yang bisa menghilangkan noda dalam pemerintahan Suriah," ujar Benedict.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com