Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 3 Tahun, Biola Stradivarius Ditemukan

Kompas.com - 31/07/2013, 03:12 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Kepolisian Inggris pada Selasa (30/7/2013) menyatakan telah menemukan biola Stradivarius yang hilang tiga tahun lalu. Biola langka ini hilang dicuri di kafe stasiun kereta api London, Inggris, pada 2010.

Biola yang diperkirakan harganya mencapai 1,2 juta poundsterling atau sekitar Rp 18 miliar ini hilang saat pemiliknya, pemain biola Korea Selatan, Min Jin Kym, makan di kafe tersebut. Alat musik buatan tahun 1696 tersebut diambil bersama kotak musik Min.

Setelah tiga tahun terus dicari, polisi menemukan barang mahal dan langka ini di Inggris tengah pekan lalu. Polisi tidak memberikan keterangan rinci soal penemuan tersebut. Hanya disebutkan tiga orang ditahan berkaitan dengan pencurian yang berlangsung tiga tahun lalu itu.

"Sebuah perjalanan yang sulit dan saya juga masih belum paham apa yang telah terjadi," ujar violis Min (34 tahun) setelah biola antiknya kembali. "Kehilangan biola ini jelas sebuah perasaan bersalah yang amat sangat dan selalu menganggu pikiran saya setiap hari. Saya bermain biola sejak masih remaja dan ini menjadi sebuah bagian terbesar dari identitas saya selama bertahun-tahun," kata dia.

Menurut polisi, biola tersebut ditemukan hanya dengan kerusakan kecil. Kotak musik Min seharga 62.000 poundsterling, sekitar Rp 900 juta, juga ditemukan bersama biola itu. Demikian pula sebuah kotak kecil keluaran School of Bazin senilai 5.000 poundsterling atau Rp 75 juta.

Biola buatan Antonio Stradivari asal Italia (1644-1737) merupakan biola langka dan indah dengan nilai jual tinggi. Saat ini diperkirakan ada sekitar 600 biola Stradivarius di seluruh dunia. Sebuah biola Stradivarius bernilai 3 juta poundsterling milik violis Erica Morini juga pernah hilang di New York pada 1995.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com