Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel dan AS Kerja Bareng di Antariksa

Kompas.com - 30/07/2013, 13:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Korea Selatan (Korsel) dan AS bakal menghelat kerja bareng di antariksa. Bentuknya riset pesawat ruang angkasa dan eksplorasi. Menurut warta AP, Selasa (30/7/2013), AS mengandalkan Lembaga Nasional Ruang Angkasa (NASA). Sementara, Korsel mengusung Institut Riset Ruang Angkasa Korsel (KARI).
Di Washington, kedua delegasi ini bertemu untuk sebuah pembicaraan penting. NASA diwakili oleh Administrator Charles Bolden. Sementara, pihak KARI diwakili oleh Presiden Kim Seung-jo.

Dalam kesempatan itu juga dibawakan konsep misi robot ruang angkasa. Sementara itu, NASA mengajukan topik eksplorasi asteroid. "Kami mencari bentuk-bentuk kerja sama bilateral," kata Bolden.

Pada 2008, Presiden AS George W Bush dan mitranya, Presiden Korsel Lee Myung-bak mencapai kata sepakat kerja sama dalam bidang antariksa. NASA juga menggandeng tujuh negara untuk kerja sama eksplorasi bulan.

Pada awal 2013, Korsel sukses meluncurkan satelit pertamanya ke ruang angkasa. Sebelumnya, dua kali pengiriman pada 2009 dan 2010 berbuah kegagalan. Rencananya, Seoul juga akan meluncurkan satelit lagi pada 2020.

Sementara itu, program asteroid NASA memang sudah diumumkan oleh Presiden Barack Obama masuk dalam rencana keuangan AS 2014. Pada anggaran itu tercatat pula pembiayaan untuk pemanfaatan teknologi robot luar angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com