Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Tangkap 42 Orang Terduga Boko Haram

Kompas.com - 30/07/2013, 13:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Militer Nigeria di kawasan Tenggara negeri itu menangkap 42 orang terduga anggota kelompok Boko Haram. Menurut warta AP pada Selasa (30/7/2013) mengutip Komandan Divisi 81 Angkatan Darat Nigeria Mayor Jenderal Obi Umahi penangkapan dilakukan dalam dua kali operasi pada 12 dan 23 Juli lalu. "Mereka yang tertangkap terkait dengan Boko Haram dan ada yang terlubat dalam operasi mematikan kelompok itu,"kata Umahi.

Penyelidikan militer, imbuh UMahi, juga menemukan kalau beberapa dari terduga bertanggung jawab dalam insiden pembunuhan tentara dan warga sipil di Maiduguri, Borno.

Sampai kini, penangkapan dilakukan di berbagai tempat seperti Lagos dan Ogun. "Kami tengah menelusuri asal senjata kelompok Boko Haram,"tutur Umahi.

Militer Nigeria dalam beberapa waktu silam melakukan operasi menumpas kelompok radikal tersebut. Banyak anggota Boko Haram tewas dalam serangan militer di kawasan Utara Nigeria.
Boko Haram memang berbasis di kawasan tersebut.

Mei lalu, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan tiga negara bagian yakni Adamawa, Yobe, dan Borno dalam keadaan darurat. Pasalnya, serangan kekerasan oleh Boko Haram di situ membunuh banyak warga sipil. Nama Boko Haram acap diterjemahkan sebagai "pendidikan Barat terlarang".    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com