Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Tidak Akan Umumkan Keadaan Darurat

Kompas.com - 29/07/2013, 23:13 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Pemerintah Mesir menyatakan tidak berniat mencanangkan keadaan darurat saat ini. Demikian pernyataan seorang pejabat pemerintah, Senin (29/7/2013), dua hari setelah setidaknya 72 pendukung Muhammad Mursi tewas dalam bentrokan di Kairo.

"Presiden sementara berjanji untuk memberikan lebih banyak otoritas kepada perdana menteri untuk membentuk pemerintahan sipil, yang tidak akan mendeklarasikan keadaan darurat," demikian Al-Wasat News mengutip penasihat presiden, Ahmed Maslamani.

Sebelumnya, sebuah LSM Mesir menyerukan agar menteri dalam negeri dipecat setelah bentrokan yang menewaskan 72 orang.

Pada hari yang sama, Ketua Komisi Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton juga menekan Pemerintah Mesir untuk "mundur" dari konfrontasi dengan Ikhwanul Muslimin yang mendukung Mursi.

Dalam kunjungan keduanya ke Mesir sejak tergulingnya Mursi pada 3 Juli lalu, Ashton juga bertemu dengan Jenderal Abdul Fattal al-Sisi yang berada di belakang penggulingan Mursi, presiden pertama Mesir hasil pemilu.

Dia juga menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Mohamed ElBaradei dan Menteri Luar Negeri Nabil Fahmy. Namun, belum diperoleh penjelasan terkait pembicaraan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com