Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor dan Impor Nonmigas Iran Turun

Kompas.com - 29/07/2013, 16:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Meski mencatatkan pencapaian 25,4 miliar dollar AS, ekspor dan impor nonmigas Iran susut andai dibandingkan dengan periode sama seturut kalender Iran. Menurut warta Tehran Times pada Senin (29/7/2013), kalender Iran dimuai pada 21 Maret dalam kalender Kabisat.

Catatan dari Kementerian Perdagangan Iran menunjukkan ekspor susut 18,5 persen. Sementara, impor turun 27,26 persen.

Administrasi Bea Cuka Iran dalam laporannya mengatakan nilai ekspor nonmigas Iran sampai kini ada di kisaran 12,5 miliar dollar AS. Komoditas ekspor Iran ini termasuk gas kondensasi. Sementara, nilai impor AS berada di posisi 12,9 miliar dollar AS.

Lembaga itu mengatakan, secara rinci ekspor Iran meliputi methanol, konsentrat bijih besi, dan bitumen. Sementara, impor Iran adalah beras, gandum, kacang-kacangan, dan jagung.

Selama periode kalender Iran itu, Iran mengekspor komoditasnya ke China, Irak, dan Uni Emirat. Lalu, impor Iran berasal Uni Emirat Arab, China, dan India.  

Sebelumnya, Deputi Direktur Organisasi Promosi dan Perdagangan Iran Kiyumars Fat'hollah Kermanshahi mengatakan ekspor dan impor nonmigas Iran diproyeksikan mencapai angka 83 miliar dollar AS dan 77 miliar dollar AS hingga Maret 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com