Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Damai Israel-Palestina Digelar Hari Ini

Kompas.com - 29/07/2013, 15:53 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pembicaraan damai Israel dan Palestina yang sejak 2010 macet, akan dimulai kembali di Washington DC, Senin (29/7/2013). Demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri AS.

"Pertemuan awal delegasi Israel dan Palestina akan digelar Senin 29 Juli dan Selasa 30 Juli malam," kata Juru Bicara Kemenlu AS Jen Psaki.

Kepastian dimulainya kembali pembicaraan ini berbarengan dengan keputusan Israel membebaskan lebih dari 100 tahanan Palestina.

Pertemuan kedua negara ini adalah pembicaraan langsung keduanya sejak pembicaraan damai terhenti pada September 2010.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry sudah meminta Presiden Mahmoud Abbas dan PM Benyamin Netanyahu untuk mengirimkan delegasi guna menghadiri pembicaraan langsung ini.

Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni dan juru runding Yitzhak Molcho telah dikirim untuk pembicaraan awal ini. Sementara Palestina mengirim juru runding senior Saeb Erakat dan Mohammed Shtayyeh.

Perjuangan untuk mencapai kesepakatan damai antara dunia Arab dan Israel hanya menghasilkan sedikit kemajuan selama beberapa dekade terakhir.

Pembicaraan damai benar-benar terhenti pada 2010 ketik Israel menolak untuk menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

"Seperti yang diumumkan Menlu John Kerry di Amman, Jordania, pada 19 Juli lalu, Israel dan Palestina telah mencapai kesepakatan dasar untuk memulai kembali pembicaraan langsung kedua negara," demikian pernyataan Pemerintah AS.

"Pertemuan di Washington akan menandai awal pembicaraan itu. Para delegasi akan mendiskusikan sebuah rencana kerja tentang bagaimana para pihak melanjutkan negosiasi di bulan-bulan mendatang."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com