Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Oposisi Klaim Menangkan Pemilu Kamboja

Kompas.com - 28/07/2013, 19:59 WIB

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Kubu oposisi Kamboja mengklaim bahwa partainya memenangkan pemilihan umum yang digelar Minggu (28/7/2013), kendati belum ada pernyataan resmi dari komisi pemilihan umum (KPU) negara tersebut mengenai hasil pemilihan.

“Hari ini menjadi sejarah bagi Partai Penyelamat Nasional Kamboja, karena telah memenangkan pemilihan parlemen untuk yang kelima kalinya," ujar pemimpin partai tersebut, Sam Rainsy, Minggu (28/7/2013).

Sementara itu, partai PM Kamboja Hun Sen, Partai Rakyat Kamboja menyatakan pihaknya masih menunggu hasil penghitungan secara penuh. Dia optimistis bisa memenangkan pemilu kali ini, dan meragukan klaim oposisi.

Pada pemilu sebelumnya, partai PM Hun Sen berhasil merebut 90 kursi di parlemen, dari total 123 kursi yang tersedia.

Dalam kesempatan itu, Rainsy juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kamboja yang telah menjatuhkan pilihan kepada partainya.

“Kami menghormati para pendukung yang tetap tenang dan bersabar dalam menunggu hasil pemilihan umum. Kami juga memohon agar menghindari tindak kekerasan dan membuat kekacauan di masyarakat," jelasnya.

Pada saat yang sama, juru bicara Partai Rakyat Kamboja, Khieu Kanharith menyatakan bahwa pihaknya masih memimpin perolehan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com