Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Pemilu Kamboja Aman

Kompas.com - 28/07/2013, 11:37 WIB


PHNOM PENH, KOMPAS.com
- Ketua Centrist Asia Pasific Democrats International (CAPDI) Jusuf Kalla mengatakan, sejauh ini pelaksanaan pemilu di Kamboja telah berlangsung secara terbuka, aman, dan damai.

"Sejauh ini apa yang kita lihat, pemilu berjalan dengan baik, teratur, terbuka, dan aman, dengan cara yang terorganisasikan secara baik serta pelaksanaannya sangat simpel. Karena itu, saya yakin pemilu akan berlangsung damai," kata Ketua CAPDI M Jusuf Kalla di Phnom Penh, Kamboja, Minggu.

Jusuf Kalla telah melihat langsung tiga tempat pemungutan suara (TPS) yang berbeda dan berdialog dengan para pemilih maupun panitia pemilihan untuk mengetahui secara langsung pelaksanaannya.

Jusuf Kalla berada di Phnom Penh, Kamboja, atas undangan Pemerintah Kamboja sebagai pemantau pemilihan umum di negara tersebut yang berlangsung Minggu (28/7/2013). Jusuf Kalla diundang oleh Pemerintah Kamboja dalam kapasitasnya sebagai Ketua CAPDI.

Pemilu yang dimulai pukul 07.00 waktu setempat terlihat tertib. Pada TPS-TPS terlihat antrean panjang para calon pemilih. Setiap TPS di Kamboja digunakan untuk 800 pemilih. Lokasi TPS berada di tempat-tempat umum seperti sekolah dan halaman tempat ibadah.

Jusuf Kalla juga menjelaskan bahwa pemilu dilakukan dengan cara mencontreng tanda gambar dan nama partainya saja, tidak ada nama calon legislatifnya. Penentuan calon legislatif menjadi kewenangan partai masing-masing.

"Di dunia ini hanya tinggal dua negara saja yang pemilunya dengan mencoblos, yakni Indonesia dan Nigeria, selebihnya dengan mencontreng," kata Jusuf Kalla.

Ketika ditanyakan adanya keluhan dari oposisi bahwa terdapat kecurangan dalam proses pendaftaran pemilih, Jusuf Kalla mengatakan, kemungkinan akan hal itu bisa saja terjadi. Namun, tambahnya, ketika ditanyakan alat buktinya ternyata sulit juga didapatkan.

JK juga menjelaskan bahwa pemilih terdaftar berdasarkan KTP. Karena itu, persoalannya pada siapa yang bertanggung jawab atas penerbitan KTP tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com