Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Pekan Lalu, 16 Kapal Pengungsi Tiba di Australia

Kompas.com - 28/07/2013, 01:54 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com - Sejak pemerintah Australia mengumumkan kebijakan baru soal pencari suaka, 16 kapal pengungsi tiba di perairan negeri itu dengan membawa lebih dari 1.200 penumpang.

Pada Jumat pekan lalu, Perdana Menteri Kevin Rudd mengumumkan seluruh pencari suaka baru akan dipindahkan ke Papua Niugini dan akan dimukimkan di sana bila mereka digolongkan sebagai pengungsi.

Menurut Menteri Dalam Negeri Australia Jason Clare, kapal terbaru tiba Kamis (25/7/2013) dengan  membawa 76 penumpang.

Saat ini sudah sekitar 1.000 pencari suaka yang tiba di Pulau Christmas untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mereka dipindahkan ke Papua Niugini.

Sementara itu, Menteri Imigrasi Tony Burke yang baru saja mengunjungi Pulau Manus, mengatakan, kapasitas penampungan di pulau tersebut bisa menampung berapa saja pencari suaka yang tiba.

"Kapasitas yang sudah ada di sana untuk bisa menampung berapa saja pencari suaka yang datang. Kami akan mampu menangani berapa saja, masih ada kapasitas yang tersedia." kata Burke seperti dilaporkan news.com.au hari Sabtu (27/7/2013).

Menurut Burke tidak diperlukan waktu yang lama untuk mendirikan tenda dan akomodasi lain.

Ketika ditanya apakah gelombang pencari suaka ini akan berkurang setelah adanya kebijakan baru pemerintah, Burke menolak memberikan jawaban langsung.

"Saya tidak mau menduga jalan pikiran para penyeludup manusia. Saya tidak mau menduga apa yang akan mereka lakukan untuk berhenti melakukan tindak kriminal. Namun yang jelas, produk yang mereka jual sudah tidak ada lagi." kata Burke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com