Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Jadi 80 Orang, Polisi Spanyol Periksa Masinis

Kompas.com - 25/07/2013, 22:46 WIB
MADRID, KOMPAS.com - Salah satu masinis kereta api yang tergelincir dan menewaskan 80 orang penumpangnya menjalani pemeriksaan di kepolisian, Kamis (25/7/2013).

"Hakim meminta polisi untuk memeriksa masinis kereta api," kata juru bicara pengadilan tinggi Galicia, lokasi kecelakaan kereta api itu.

Sejumlah sumber mengatakan, masinis yang belum disebutkan namanya itu akan didampingi seorang pengacara dalam proses pemeriksaan.

Penyebab kecelakaan sejauh ini belum diketahui, tetapi diduga kereta api itu melaju terlalu kencang. Padahal, kecepatan maksimal yang diperbolehkan adalah 80 kilometer per jam.

Harian El Pais melaporkan, masinis sempat mengatakan kepada para pengelola kereta api sesaat sebelum kecelakaan terjadi bahwa kereta api tengah melaju dalam kecepatan 190 kilometer per jam.

Kemungkinan ini juga dikemukakan Menteri Transportasi Spanyol Rafael Catala kepada stasiun Cadena Ser.

"Tragedi yang terjadi di Santiago de Compostela nampaknya diakibatkan kecepatan yang terlalu tinggi, namun kami masih menunggu hasil penyelidikan," ujar Rafael.

Kecelakaan kereta api ini merupakan  tragedi terburuk di Spanyol sejak 1944.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com