Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Ternama Serukan Rakyat Mesir Abaikan Ajakan Militer

Kompas.com - 25/07/2013, 16:17 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Seorang ulama Sunni terkemuka, Sheikh Yusuf al-Qaradawi, Rabu (24/7/2013) malam, mengeluarkan fatwa yang melarang warga Mesir untuk mengikuti seruan Jenderal Abdul Fattah al-Sisi.

Sebelumnya, Jenderal Al-Sisi meminta rakyat Mesir menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk memberinya mandat melakukan tindakan pemberantasan "terorisme".

Seruan Al-Sisi ini langsung ditanggapi Ikhwanul Muslimin dengan menyebut pernyataan penglima militer Mesir itu sebagai seruan untuk mengobarkan perang saudara.

Qaradawi adalah Ketua Asosiasi Ulama Muslim yang berbasis di Qatar. Ia menyerukan agar semua warga Mesir —termasuk parpol, militer, dan polisi— mengutamakan keselamatan negeri dan mencegah semua hal yang menggiring ke arah perang saudara.

Qaradawi juga meminta warga Mesir menggunakan kebijakan mereka untuk mengakhiri krisis politik, menjaga agar aksi unjuk rasa berjalan damai, dan tetap bersabar dalam segala kondisi.

Dia juga mendesak agar dunia internasional memberikan inisiatif untuk mengakhiri krisis politik berbahaya di Mesir yang mengancam tak hanya keamanan Mesir, tetapi juga seluruh dunia Arab.

Qaradawi, warga Qatar kelahiran Mesir ini, dipandang sebagai pemimpin spiritual Ikhwanul Muslimin, kelompok yang menyokong Muhammad Mursi.

Pada awal bulan ini, Qaradawi juga menerbitkan fatwa yang mendesak warga Mesir tetap mendukung Muhammad Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com