Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palsukan Akta Kematian Sendiri, Wali Kota Ditangkap

Kompas.com - 25/07/2013, 15:24 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Sejumlah penyidik di Meksiko mengatakan, mereka telah menangkap seorang pria yang memalsukan kematiannya demi menghindari tuduhan perkosaan. Pria itu, yang dinyatakan telah mati berdasarkan akta kematiannya, telah terpilih sebagai wali kota sebuah kota kecil di Meksiko selatan.

Kantor Jaksa Negara Bagian Oaxaca mengatakan, Leninguer Carballido, nama si wali kota terpilih itu, ditangkap atas tuduhan menggunakan dokumen palsu dan membuat pernyataan palsu.

Carballido ditemukan Selasa (23/7/2013) malam waktu setempat bersembunyi di sebuah ruangan yang dijaga ketat di rumah keluarganya di pinggiran kota Oaxaca.

Carballido memenangkan pemilihan wali kota pada 7 Juli lalu di kota kecil San Agustin Amatengo.

Ketika pihak berwenang sedang mencari dia pada 2011sehubungan dengan kasus pemerkosaan tahun 2004, keluarganya mengajukan surat kematian yang mengatakan bahwa ia telah meninggal karena sebab yang alami pada 2010.

Petugas catatan sipil yang membuat sertifikat palsu itu juga telah ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com