Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi China Bo Xilai Didakwa Korupsi

Kompas.com - 25/07/2013, 14:25 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — China mendakwa politisi Bo Xilai dengan penyuapan, korupsi, dan penyalahgunaan kekuasaan. Demikian kata media pemerintah. Bo Xilai, mantan Ketua Partai Komunis Chongqing, dikeluarkan dari partai setelah skandal pembunuhan seorang pengusaha Inggris.

Istrinya, Gu Kailai, dipenjara pada Agustus lalu atas pembunuhan warga negara Inggris, Neil Heywood.

Bo dijatuhi dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada hari Kamis (25/7/2013) di Jinan, Provinsi Shandong. Demikian kata media pemerintah.

Skandal Bo Xilai, yang mengungkap klaim korupsi dan perseteruan internal di Partai Komunis, adalah salah satu skandal terbesar yang mengguncang China.

Bo sebelumnya dinilai sebagai salah satu tokoh yang bersinar terang di Partai Komunis dan merupakan salah satu pejabat paling berkuasa di China.

Bo memanfaatkan jabatannya untuk menerima "uang dalam jumlah besar" serta properti, seperti dilaporkan kantor berita Xinhua yang menyitir lembar dakwaan. Ia juga didakwa melakukan penggelapan uang rakyat. Demikian kata Xinhua.

Wartawan BBC John Sudworth di Shanghai mengatakan, dijatuhkannya dakwaan formal di pengadilan kota Jinan menunjukkan bahwa pengadilan sangat mungkin terjadi, tetapi jadwal sidang belum ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com