Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Nominasikan Caroline Kennedy sebagai Dubes AS di Jepang

Kompas.com - 25/07/2013, 11:40 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama, Rabu (24/7/2013), menominasikan Caroline Kennedy sebagai duta besar AS untuk Jepang. Pencalonan itu telah menjadi rumor selama berbulan-bulan.

Tokyo, Kamis, menanggapi pencalonan putri Presiden John F Kennedy itu, dengan mengatakan bahwa hal tersebut memperlihatkan "betapa pentingnya" Washington memandang hubungan Jepang-AS. "Pemerintah Jepang memahami bahwa Caroline Kennedy mengantongi kepercayaan mendalam dari Presiden Obama, dan sangat menghargai nominasinya sebagai cerminan pentingnya pemerintahan Obama melihat aliansi Jepang-AS," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang.

"Pemerintah Jepang berharap Caroline Kennedy akan segera menempati pos barunya dan berperan aktif dalam berbagai bidang. (Pemerintah Jepang) akan bekerja sama dengan Caroline Kennedy dan melakukan upaya untuk lebih meningkatkan aliansi Jepang-AS."

Almarhum ayah Kennedy diidolakan di Jepang dan penunjukkannya akan membereskan rintangan hubungan antara Washington dan Tokyo, yang telah tegang selama beberapa tahun terakhir.

Caroline Kennedy merupakan salah satu yang masih hidup dari sebagian besar anggota keluarga terkenal itu.

Ia secara luas diketahui telah berperan dalam membantu untuk memuluskan jalan Presiden Obama menuju Gedung Putih. Dukungannya terhadap Obama saat melawan Hillary Clinton dalam kampanye presiden tahun 2008 membantu Obama meraih nominasi Partai Demokrat. Kennedy juga membantu Obama dalam merayu para pemilih perempuan.

Kennedy merupakan seorang pengacara dan penulis, tetapi telah tinggal relatif terpencil dibandingkan para anggota keluarga yang lain dalam beberapa tahun terakhir. Dia belakangan menjabat sebagai presiden Kennedy Presidential Library dan bekerja di institut Politik Harvard, tapi dia juga secara diam-diam menjadi sukarelawan di sistem sekolah umum di New York City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com