Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bersedia Ambil Bom di Great Barrier Reef

Kompas.com - 24/07/2013, 13:49 WIB
Panglima Armada Ketujuh Amerika Laksamana Madya Scott Swift memahami kekuatiran Australia menyangkut empat bom di dekat Great Barrier Reef.

Keempat bom itu dijatuhkan dekat Great Barrier Reef pada akhir pekan dalam operasi militer gabungan Amerika-Australia bersandi Talisman Sabre, yang  dilakukan di lepas pantai Australia.
 
Angkatan Laut Amerika mengatakan, pesawat tempur Amerika terpaksa membuang bom itu untuk menghemat bahan bakar, sewaktu latihan militer itu terhalang oleh kapal-kapal pribadi.
 
Dua dari empat bom itu berisi beton dan dua lagi tidak memiliki sumbu yang penting, jadi tidak ada risiko akan meledak.
 
Menurut Angkatan Laut Amerika, tempat membuang bom itu diputuskan dengan bantuan pihak berwenang Australia.
 
Kata Laksamana Madya Scott Swift, jatuhnya bom dekat Great Barrier Reef tidak diinginkan tapi bukanlah sesuatu yang samasekali di luar dugaan dalam suatu operasi militer besar.
 
Kata panglima Amerika itu, bom tersebut tidak menjadi ancaman lingkungan dan tidak berisiko meledak, akan tetapi ia memahami kalau Australia kuatir. Ia mengakui, seluruh dunia memahami Great Barrier Reef sebagai warisan dunia.
 
"Sementara bom itu aman untuk didiamkan di sana, kalau pemerintah Australia menghendaki, kami dengan senang hati mengirim penyelam Angkatan Laut Amerika untuk mengambilnya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com