Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Amoral, Pakistan Larang Tayangan Iklan Kondom

Kompas.com - 23/07/2013, 18:11 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pemerintah Pakistan, Selasa (23/7/2013), melarang sebuah iklan kondom yang dibintangi seorang aktris perempuan ternama negeri ditayangkan di televisi karena dinilai amoral.

Otoritas Pengawas Media Elektronik Pakistan (PEMRA) menyurati semua stasiun televisi untuk mencabut dan tidak menayangkan iklan kondom Josh.

Iklan berdurasi 50 detik itu dibintangi model dan aktris terkenal Pakistan, Mathira. Dalam iklan itu Mathira berperan sebagai seorang pengantin baru yang membuat tetangganya iri karena begitu mesra dengan suaminya.

Tetangga itu akhirnya bertanya kepada suami Mathira yang "tak terlalu tampan" mengenai cara membuat istrinya tampak begitu "lengket" dengannya.

"Bawa Josh ke dalam kehidupanmu," begitu jawaban si suami dengan bahagia.

Juru bicara PEMRA Fakhar-ud-Din Mughal mengatakan, lembaganya menilai iklan itu sangat "tidak sopan, amoral, dan tidak sesuai dengan budaya serta nilai-nilai agama".

"Menayangkan iklan yang amoral seperti itu di stasiun televisi Pakistan, apalagi di bulan suci Ramadhan, merupakan sebuah pelanggaran serius," kata Mughal.

Membicarakan masalah kontrasepsi secara terbuka masih dianggap tabu di Pakistan, meski sejumlah pakar memperingatkan jumlah penduduk Pakistan berkembang terlalu cepat dibanding ketersediaan sumber daya negeri itu.

Berdasarkan data PBB, sepertiga dari 180 juta penduduk Pakistan tidak menjalankan program keluarga berencana sehingga pertumbuhan penduduk negeri itu mencapai lebih dari dua persen setiap tahun.

Sementara itu, sepertiga populasi Pakistan yang ingin ikut program keluarga berencana tak memiliki akses ke rumah sakit atau instansi kesehatan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com