Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Katolik Nyatakan Mukjizat ke-69 dari Tempat Ziarah Lourdes

Kompas.com - 22/07/2013, 09:17 WIB
Pieter P Gero

Penulis

 

TOULOUSE, KOMPAS.COM - Pihak resmi Gereja Katolik, Minggu (21/7), menyatakan telah terjadi mukjizat atas seorang perempuan Italia, Danila Castelli, usai dia berkunjung ke tempat ziarah umat katolik di Lourdes, di Perancis barat daya, tahun 1989. Castelli sembuh total dari penyakit darah tinggi akut yang dideritanya sejak usia 34 tahun.

Uskup Pavia, Italia, Giovanni Giudici, sebagaimana dikutip kantor berita AFP hari Minggu menegaskan, pengakuan atas mukjizat yang dialami Castelli dilakukan bulan lalu. Namun karena banjir besar melanda lokasi ziarah Lourdes bulan lalu membuat berita mukjizat ini ditangguhkan.

Castelli tinggal di daerah Pavia, Italia.

"Saat mukjizat pengobatan mau diumumkan, terjadi banjir setinggi dua meter. Kami memutuskan untuk tidak membuat pengumuman resmi soal mukjizat ini," ujar Joel Luzenko, jurubicara bagi kawasan Lourdes.

Castelli lahir pada Januari 1946 menderita krisis darah tinggi (hipertensi) serius dan mendadak. Dia mengalami tekanan darah tinggi yang tak terkendali pada usia 34 tahun.

Sebagaimana diungkapkan situs web Lourdes, lokasi di mana diyakini umat katolik sebagai tempat penampakan Bunda Maria kepada gadis pengembala Bernadette, Castelli dilaporkan telah sembuh dari penyakitnya tanpa memerlukan obat sejak dia berkunjung ke Loudes tahun 1989. Hasil pemeriksaan atas sejumlah problem yang dialami dalam kesehatannya, Casteli dinyatakan sehat. Padahal, dia sebelumnya menjalani beberapa kali pembedahan namun tak berhasil.

"Saat berkunjung pada Mei 1989 ke Lourdes, Danila Castelli ikut merendamkan diri dalam bak mandi yang memang disiapkan untuk mereka yang membutuhkan pengobatan. Saat dia keluar dari bak mandi, dia merasakan hal yang luar biasa dan tubuhnya semakin sehat," ujar situs Lorudes.

Beberapa bulan kemudian dia melaporkan kepada Kantor Observasi Medis Lourdes bahwa dirinya sehat karena mendapatkan mukjizat berupa pengobatan dari Lourdes. Setelah lima kali pertemuan antara tahun 1989 sampai tahun 2010, kantor medis Lourdes menyimpulkan, Castelii sembuh, sepenuhnya dan selamanya, sejak dari dia berkunjung ke Lourdes 21 tahun lalu. Dia sembuh dari sindrom tanpa melalui perawatan ataupun pembedahan.

"Kasus ini diakui setelah dilakukan klarifikasi Komite Medis Internasional yang melibatkan 20 dokter yang kemudian mengeluarkan sertifikat bahwa Castelli sembuh total . Sulit untuk dijelaskan secara pengetahuan keilmuan saat ini," ujar Uskup Pavia soal mukjizat pengobatan Castelli.

Mukjizat penyembuhan ini merupakan yang ke -69 setelah dilakukan klarifikasi secara ilmiah oleh para ahli sejak tahun 1850-an. Mukjizat penyembuhan ke -68 dialami seorang biarawati asal Italia yang lumpuh bertahun-tahun namun kemudian bisa berjalan lagi setelah berkunjung ke Lourdes tahun 1965. Kesembuhan sang biarawati ini secara resmi diakui tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com