Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengajuan Kebangkrutan Kota Detroit Ditolak

Kompas.com - 20/07/2013, 12:50 WIB
DETROIT, KOMPAS.com — Seorang hakim Negara Bagian Michigan, AS, memerintahkan pejabat kota Detroit untuk menarik pengajuan kebangkrutan menyusul utang sebesar 18 miliar dollar AS atau sekitar Rp 181 triliun.

Hakim Rosemarie Aquilina mengatakan, petisi pengajuan kebangkrutan yang diajukan Kamis (18/7/2013) lalu melanggar UU dan konstitusi negara bagian karena mengancam tunjangan pensiun.

Sebelumnya, Gubernur Rick Snyder mengatakan, kebijakan pengajuan kebangkrutan akan membalikkan dekade pembusukan.

Jika dinyatakan Bangkrut, Manajer Darurat Detroit, Kevyn Orr, bisa melikuidasi aset kota untuk memenuhi kewajiban kepada kreditor dan para pensiunan.

Dalam usulan kesepakatan yang diajukan Orr pada Juni silam, disebutkan bahwa para kreditor bisa menerima 10 sen dari setiap dollar yang diutangkan. Tetapi, dua yayasan pensiun yang mewakili para pensiunan pekerja kota menolak rencana tersebut.

Dalam putusan pengadilan Jumat kemarin waktu setempat, Hakim Rosemarie Aquilina menolak pengajuan kebangkrutan. Dia memutuskan bahwa UU 2012 yang membolehkan untuk mengajukan kebangkrutan adalah inkonstitusional dan membuat gubernur negara bagian membahayakan tunjangan pensiun pegawai negeri.

Tetapi, masih belum jelas apa dampak dari keputusan ini.

Wartawan BBC di Detroit melaporkan bahwa keputusan ini hanyalah satu tahap dari banyak lapisan sistem hukum di AS, tetapi tetap menimbulkan pertanyaan terkait rencana penyelamatan bagi kota yang bermasalah ini.

Jaksa Negara Bagian Michigan Bill Schuette atas nama Gubernur Snyder langsung mengajukan banding atas keputusan hakim.

Pada dasarnya bangkrut

Detroit adalah kota terbesar di AS yang pernah mengajukan kebangkrutan. Di tahun 2012, tiga kota kecil di California, Stockton, Mammoth Lakes, dan San Bernardino pernah mengajukan hal serupa.

Detroit telah berjuang selama beberapa dekade setelah terjerat utang yang membuat pelayanan publik nyaris tidak berjalan dan sekitar 70.000 properti dibiarkan terbengkalai.

Sebelumnya, kota ini dikenal sebagai "Kota Motor" menyusul perkembangan industri otomotif, tetapi sekarang Detroit telah menghentikan pembayaran utang kepada kreditor tanpa jaminan sejak bulan lalu untuk menjaga agar kota tetap berjalan.

Sekitar 9 miliar dollar utang Detroit dimiliki oleh yayasan pensiunan dan tunjangan kesehatan bagi 10.000 pekerja kota dan 20.000 pensiunan.

Pada Jumat kemarin, Gubernur Snyder mengatakan kota ini mengajukan kebangkrutan karena "pada dasarnya bangkrut". "Kita butuh Detroit kembali dalam jalur untuk kembali menjadi kota yang hebat lagi," katanya dalam sebuah keterangan pers. "Sekarang adalah kesempatan untuk menghentikan 60 tahun penurunan,'' tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com