Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Cabut Paspor Diplomatik Muhammad Mursi

Kompas.com - 19/07/2013, 21:43 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Pemerintah Mesir, Jumat (19/7/2013), mencabut paspor diplomatik mantan Presiden Muhammad Mursi, dua pekan setelah dia digulingkan militer awal bulan ini.

"Langkah ini diambil setelah ada permintaan resmi dari kantor presiden dan sesuai dengan aturan terkait kepemilikan paspor di Mesir," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir.

"Muhammad Mursi tak bisa lagi memiliki paspor diplomatik karena dia sudah kehilangan jabatan presiden," tambah Kemenlu.

Kemenlu Mesir menambahkan, pihaknya juga sudah mencabut seluruh paspor diplomatik milik keluarga dan para pembantu Muhammad Mursi.

Langkah ini diumumkan bersamaan dengan rencana unjuk rasa besar-besaran menentang penggulingan Mursi yang akan digelar Ikhwanul Muslimin dan pendukungnya.

Para pendukung Muhammad Mursi selama lebih dari dua pekan menduduki lapangan Raba'a Al Adawiya di sebelah utara Kairo. Di sana pula mereka merencanakan semua aksi menentang pemerintahan baru Mesir.

Sementara itu, masa penentang Mursi berkumpul di Lapangan Tahrir, Kairo. Mereka juga berencana melakukan aksi untuk mendukung langkah militer menggulingkan pemerintahan Ikhwanul Muslimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com