Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tenggara Kedatangan Topan Cimaron

Kompas.com - 18/07/2013, 17:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kawasan China Tenggara bakal kedatangan topan Cimaron. Menurut warta Xinhua pada Kamis (18/7/2013), topan itu merupakan badai tropis kedelapan yang melanda China tahun ini.

Angin puyuh dan hujan deras 160 milimeter diperkirakan oleh Pusat Meteorologi Nasional China (NMC) akan menimbulkan tanah longsor di dekat Zhangpu, Provinsi Fujian. "Hujan deras juga akan melanda Provinsi Guangdong pula," kata NMC.

NMC memprediksikan topan Cimaron akan datang pada sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Topan akan berada di kawasan-kawasan tersebut hingga Jumat (19/7/2013) pagi.

Menurut data NMC, selain di Fujian dan Guangdong, topan Cimaron juga bakal menyambangi Sichuan, sebagian wilayah Sungai Kuning dan Huaihe, wilayah Tibet, Shaanxi, Liaoning, Jilin, dan Yunan. Pemerintah China sudah menetapkan tanda "biru" bagi warga di lokasi-lokasi seperti disebutkan. Tanda ini merupakan yang paling bawah dalam penanda bencana alam di Negeri Panda itu. Posisi paling berbahaya adalah tanda dengan warna merah. Di bawahnya ada tanda warna oranye dan kuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com