Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Perahu Pencari Suaka Terbalik, 4 Tewas

Kompas.com - 17/07/2013, 06:55 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com — Sebuah kapal yang membawa 150 orang, diyakini sebagai pencari suaka, terbalik di Samudra Hindia, Selasa (16/7/2013). Empat penumpang kapal tewas, berdasarkan keterangan otoritas Australia seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Perahu terbalik di tengah perairan yang bergejolak, di utara Christmas Island. Perairan ini masuk dalam teritorial Australia, meskipun hanya berjarak sekitar 500 kilometer dari Jakarta, Indonesia. Informasi ini dirilis oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Australia.

Dua kapal Angkatan Laut telah dikirim untuk membantu perahu itu. Namun, cuaca yang buruk membuat perahu itu karam. Perahu terbalik dalam perjalanan menuju Christmas Island, di mana sebuah kamp penampungan pencari suaka berada.

Tim penyelamat menurunkan rakit dan mengangkat 144 penumpang perahu. Empat mayat telah ditemukan, tetapi pencarian lebih lanjut dibatalkan pada Selasa malam. Dua penumpang lain dari perahu itu belum diketahui nasibnya.

Christmas Island merupakan tujuan populer para pencari suaka yang menumpang perahu reyot. Mereka biasanya membayar jasa penyelundup manusia untuk mendapatkan perahu dan tempat transit, termasuk untuk melintasi Indonesia.

Ratusan pencari suaka meninggal dalam upaya mereka mencapai Australia melalui jalur Indonesia dan Christmas Island ini. Pekan lalu, misalnya, perahu lain juga tenggelam di perairan yang sama, menewaskan satu bayi laki-laki dan delapan penumpang lain gagal ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com