Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Cermati Perilaku AS

Kompas.com - 16/07/2013, 15:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hingga kini, Iran terus mencermati perilaku AS dalam hubungan politik negara adidaya tersebut. "Kami mencermati kebiasaan AS," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Araqchi di Teheran pada Selasa (16/7/2013) sebagaimana warta AP.

Dalam kesempatan itu, Iran menganggap perilaku AS juga terkait hubungan Iran dengan negara-negara Barat. Dalam konteks itu, imbuh Araqchi, AS pun terlibat di dalamnya, apalagi saat Iran kini memiliki pemimpin baru, Presiden Hassan Rohani.

Menurut Iran, sektor energi dan finansial tengah menjalani sanksi intensif dari AS dan sekutu-sekutunya. Negara-negara itu masih belum yakin kalau program nuklir Iran ditujukan untuk kepentingan sosial, bukan untuk hal lain.

Sementara, sosok Rohani juga memunculkan harapan bagi Iran untuk menjalin relasi lebih baik dengan dunia Barat. Pasalnya, Rohani yang memenangi 50,71 persen suara pada 14 Juni 2013 terbilang tokoh moderat. Pada Agustus mendatang, Rohani resmi menggantikan pendahulunya Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang sudah memerintah Iran selama delapan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com