Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara Rezim Suriah di Idlib, 29 Tewas

Kompas.com - 15/07/2013, 21:35 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Setidaknya 29 orang tewas setelah pemerintah rezim Presiden Bashar al-Assad menggelar serangan udara terhadap beberapa desa di Provinsi Idlib.

Militer Suriah melakukan lima gempuran terpisah, termasuk serangan roket di desa Maghara yang menewaskan 13 orang. Demikian menurut Lembaga Pemantau HAM Suriah, Senin (15/7/2013).

Menurut lembaga ini, korban tewas termasuk delapan perempuan dan enam anak-anak dalam serangan yang terjadi sebelum waktu berbuka puasa pada Minggu (14/7/2013).

Serangan ke desa Maghara adalah yang paling mematikan. Lembaga pemantau HAM Suriah mencatat enam orang tewas di desa Al-Bara, empat tewas di Basamis, tiga tewas di Kfar Nabl, dan tiga lainnya di desa Iblin.

Para aktivis HAM juga mengunggah video ke internet yang menampilkan serangan roket di Maghara. Jeritan warga selatan terdengar saat kamera bergerak menelusuri reruntuhan.

"Tuhan mahabesar. Di mana saudara-saudara Muslim kami? Di mana saudara-saudara Arab kami?" kata aktivis itu sambil merekam warga yang berusaha menyingkirkan reruntuhan untuk mencari kerabat mereka.

"Ini adalah saat berbuka puasa di Jabal Zawiya," kata aktivis itu merujuk kawasan tempat desa yang diserang itu berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com