Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan Kaesong Menuju Putaran Keempat

Kompas.com - 15/07/2013, 19:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Mentok tanpa kesepakatan pada putaran ketiga, Senin (15/7/2013), pembicaraan soal Kaesong oleh dua Korea berlanjut pada Rabu (17/7/2013) untuk putaran keempat. Pembicaraan bakal dihelat di kompleks industri tersebut.

Menurut warta Yonhap, pembicaraan masih seputar topik normalisasi pasca-penutupan sepihak Kaesong oleh Korea Utara (Korut) pada April silam.

Pihak Korea Selatan (Korsel) menuntut Korut bertanggung jawab atas segala kerusakan perusahaan-perusahaan Korsel di Kaesong. "Kami meminta jaminan kepada Korut," kata pernyataan delegasi Seoul.

Selain memasukkan usulan agar Kaesong diperluas perannya menjadi kawasan industri internasional, Korsel menginginkan agar penutupan sepihak tak terjadi lagi. "Kami minta agar Korut menjamin keamanan bagi para pekerja dan aset Korsel di Kaesong," kata Ketua Delegasi Korsel Kim Kiwoong.

 


Sementara, Ketua Delegasi Korut Park Chol Su menegaskan agar pembicaraan terus berlangsung dengan hasil baik. Dengan begitu, menurut hematnya, Kaesong bakal menjadi harapan bagi masa depan kedua negara. "Jika tidak, Kaesong akan ditutup," katanya.

Korsel dan Korut menggelar pembicaraan soal Kaesong untuk kali pertama pada 12 Juni 2013. Namun, dialog itu menemui jalan buntu gara-gara perbedaan pendapat soal status ketua delegasi. Pembicaraan soal Kaesong juga menjadi pembicaraan terkait hubungan bilateral sejak Perang Korea pada 1950-1953.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com