Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Saling Tuding di Kaesong

Kompas.com - 15/07/2013, 17:06 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kegagalan pembicaraan sesi ketiga antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) menjadi penanda kalau kedua Korea belum seiya sekata soal Kaesong. Warta Yonhap mengemukakan hal itu pada Senin (15/7/2013). "Kedua pihak gagal mencapai perjanjian pada pembicaraan ini," kata pihak Seoul.


Pembicaraan sesi ketiga itu dihelat di Kaesong. Ada dua tahap pembicaraan dalam kesempatan tersebut. Tahap pertama merupakan dialog masing-masing tiga anggota delegasi. Kemudian, tahap kedua adalah pembicaraan tingkat ketua delegasi.

Topik pembicaraan pada sesi ketiga adalah upaya menormalisasi kompleks industri ini pascapenutupan sepihak oleh Korut pada April silam. Pihak Selatan meminta Pyongyang bertanggung jawab atas kerusakan perusahaan-perusahaan Korsel gara-gara kebijakan satu pihak tersebut.

Pihak Korsel juga minta agar Kaesong dikembangkan menjadi kawasan industri internasional. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan asing bisa berinvestasi lebih leluasa di Kaesong.

Sementara, Korut menuding Korsel sebagai biang keladi penutupan Kaesong. Soalnya, Korsel memanaskan situasi di Semenanjung Korea dengan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat. "Kami meminta Korsel mempercepat pembukaan Kaesong usai pekerjaan pemeliharaan," kata pihak Pyongyang.

Hingga kini, Kaesong menjadi tempat berinvestasi 123 perusahaan Korsel dengan mengoperasikan pabrik-pabrik di kawasan itu. Sejak penutupan, 53.000 pekerja terpaksa kehilangan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com