Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Soulik Hantam Taiwan

Kompas.com - 13/07/2013, 16:15 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Topan Soulik menghajar Taiwan dengan dibarengi hujan yang sangat deras, menyebabkan satu orang meninggal dan setidaknya 30 orang terluka, pada Sabtu (13/7/2013).

Atap-atap rumah terbang terbawa angin, puing-puing dan pepohonan bertumbangan di jalan, bahkan sejumlah kawasan terendam banjir. Sementara itu, salah satu kota di Taiwan tengah dilaporkan terjadi longsor dan air menggenangi kawasan tersebut.

Hujan deras dan angin kencang diperkirakan akan tetap terjadi sepanjang hari ini, dan otoritas setempattelah memperingatkan warga mengenai bahaya longsor dan banjir.

Hingga saat ini sekitar 8.000 telah diungsikan dari rumah mereka oleh ratusan tentara sebelum badai datang. Seluruh wilayah Taiwan saat ini telah ditetapkan masuk kondisi darurat. Di Taipei, seorang polisi berusia 50 tahun dilaporkan meninggal setelah terkena bongkahan batu bata yang terbang bersama angin.

Badai Soulik telah membuat longsor terjadi di berbagai wilayah Taiwan, terutama di pantai utara negara tersebut sekitar pukul 03.00 dini hari waktu setempat.

“Hujan deras kami perkirakan terjadi sepanjang hari ini, terutama di wilayah pegunungan di Taiwan tengah dan selatan,” ujar seorang peramal cuaca.

Pada pukul 17.00 sore ini waktu setempat, angin kencang diperkirakan akan kembali datang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com