Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Ingin Suaka Sementara di Rusia

Kompas.com - 12/07/2013, 22:24 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Mantan teknisi CIA, Edward Snowden, akan berupaya mendapatkan suaka sementara di Rusia. Demikian pernyataan para aktivis HAM yang menemui Snowden di Bandara Sheremetyevo, Moskwa, Jumat (12/7/2013).

"Snowden sangat serius ingin mendapatkan suaka politik di Federasi Rusia," kata seorang anggota parlemen pro-Kremlin yang hadir dalam pertemuan dengan Snowden, Vyacheslav Nikonov.

Mendengar pernyataan Snowden ini, Juru Bicara Presiden Vladimir Putin mengulangi kembali persyaratan yang diajukan Rusia jika Snowden ingin tinggal di Rusia.

"Dia harus menghentikan kegiatannya mengganggu kepentingan AS jika dia menginginkan suaka politik dari Rusia," kata Dmitry Peskov.

"Kami harus memastikan dulu informasi ini sebab sejauh yang kami tahun, dia (Snowden) mengondisikan dirinya sebagai pejuang HAM dan demokrasi," tambah Peskov.

Foto Snowden yang diambil oleh salah seorang peserta pertemuan dengan cepat muncul di media sosial dan situs-situs berita. Dia mengenakan jaket abu-abu dan tampak dalam kondisi sehat.

Snowden (30) belum pernah terlihat di muka publik sejak kedatangannya di bandara Moskwa tiga pekan lalu. Sementara para pejabat Rusia sudah mulai gerah dengan keberadaannya.

Namun, Snowden tak bisa berbuat apa-apa karena tak ada satu pun jalur aman untuk mencapai negara-negara yang menawarinya suaka politik.

Venezuela, Bolivia, dan Nikaragua telah menawari suaka politik, tetapi sejauh ini Snowden belum secara terbuka menjelaskan rencananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com