Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Gadis Korban Penyekapan di Ohio Berterima Kasih kepada Publik

Kompas.com - 10/07/2013, 12:02 WIB
CLEVELAND, KOMPAS.COM — Tiga perempuan yang disekap selama satu dekade di sebuah rumah di Ohio, AS, telah mengedarkan sebuah video di YouTube. Dalam video itu mereka berterima kasih kepada publik atas dorongan dan dukungan keuangan yang memungkinkan mereka memulai kembali kehidupan mereka.

Amanda Berry, Gina DeJesus, dan Michelle Knight buka suara ke publik untuk pertama kalinya dalam sebuah video berdurasi 3 menit 30 detik yang diunggah ke YouTube, Selasa (9/7). Mereka mengatakan, dukungan dan doa dari keluarga, teman-teman, dan masyarakat memungkinkan mereka membangun kembali kehidupan mereka setelah apa yang Berry sebuat sebagai "cobaan."

Ketiga perempuan itu hilang secara terpisah antara tahun 2002 dan 2004, ketika mereka berusia 14, 16, dan 20 tahun dan disekap di sebuah rumah di Cleveland, Ohio.

Ariel Castro mengaku tidak bersalah atas dakwaan bahwa dia telah menculik ketiga perempuan itu dari jalanan dan menahan mereka sebagai tawanan di rumahnya yang berlantai dua. Mantan sopir bus berusia 52 tahun itu menjadi ayah seorang anak perempuan usia 6 tahun dari hubungannya dengan Berry dan dituduh telah membuat kelaparan dan meninju Knight sehingga menyebabkan gadis itu keguguran. Ia ditangkap pada 6 Mei lalu, tak lama setelah Berry menerobos pintu di rumah itu dan berteriak minta tolong kepada para tetangga.

Knight mengatakan dalam video itu, yang difilmkan pada 2 Juli, bahwa ia sedang membangun "hidup baru". "Saya mungkin telah melewati neraka dan kembali, tapi saya cukup kuat untuk berjalan melewati neraka dengan senyum di wajah saya dan kepala terangkat tinggi," katanya. Ia menyampaikan hal itu dengan membaca sebuah pernyataan yang telah disiapkan. "Saya tidak akan membiarkan situasi menentukan siapa saya. Saya akan menentukan situasi itu. Saya tidak ingin dipenuhi kebencian."

Orangtua DeJesus, Felix DeJesus dan Nancy Ruiz, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas sumbangan dana yang terkumpul untuk membantu para gadis itu. Ruiz juga mendorong orangtua yang kehilangan orang-orang tercinta mereka untuk mencari bantuan. "Perhitungkan para tetangga Anda," katanya. "Jangan takut untuk meminta bantuan karena bantuan itu tersedia."

Kathy Joseph, pengacara untuk Knight, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketiga gadis itu ingin "mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Cleveland dan orang di seluruh dunia."  

James Wooley, pengacara Berry dan DeJesus, juga mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Knight dan kliennya berterima kasih kepada masyarakat atas sumbangan yang mereka berikan dan tidak ingin membahas kasus mereka dengan media massa atau orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP, RTR


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com