Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing 777 Balik ke Tokyo karena Kebocoran Sistem Hidrolik

Kompas.com - 09/07/2013, 15:02 WIB

TOKYO, KOMPAS.COM — Sebuah pesawat Boeing 777 tujuan San Francisco yang dioperasikan Japan Airlines Co kembali ke Tokyo, Senin (8/7), karena awaknya mendeteksi adanya kebocoran pada sistem hidrolik yang mengendalikan flaps (kibaran sayap pesawat). Demikian pernyataan  maskapai itu.

Pesawat milik JAL yang membawa 236 penumpang itu kembali ke Bandara Haneda Tokyo setelah mengudara selama 3 jam 20 menit. Para insinyur pemeliharaan, menurut juru bicara maskapai berbendera Jepang itu, sedang menyelidiki penyebab kebocoran tersebut.

Insiden itu terjadi tiga hari setelah pesawat Boeing 777 milik Asiana Airlines dari Korea Selatan jatuh di San Francisco. Pesawat itu dilaporkan terbang dengan kecepatan sangat rendah saat mendekati landasan. Dua gadis remaja China yang dalam perjalanan mereka ke perkemahan musim panas di Amerika Serikat tewas dalam kecelakaan itu dan lebih dari 180 orang terluka.

Insiden tersebut merupakan kecelakaan fatal pertama yang melibatkan Boeing 777 sejak dioperasi tahun 1995.

Beberapa jam sesudah kecelakaan, Presiden dan CEO Asiana Airlines Yoon Young-doo mengatakan, pesawat tersebut tampaknya tidak mengalami masalah teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com