Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhemat, Seorang Wali Kota di Italia Renovasi Sendiri Kantornya

Kompas.com - 08/07/2013, 22:36 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Krisis ekonomi yang melilit Italia membuat pemerintah lokal negeri itu harus pandai menghemat anggaran yang kian menipis. Salah satu bentuk penghematan dilakukan wali kota dan anggota dewan kota Avezzano.

Di saat kantor-kantor pemerintah membutuhkan renovasi, wali kota dan pejabat kota lainnya memilih memperbaiki dan mengecat sendiri gedung-gedung itu demi menghemat biaya.

"Ide ini menyebar cepat dan semua pegawai ikut memberi sumbangan," kata Gino di Cicco, yang bertanggung jawab atas anggaran kota kecil itu.

"Di saat krisis ekonomi seperti ini, dengan cara ini, kami bisa menghemat 10.000 euro," lanjut Gino.

"Rekan-rekan saya, Wali Kota Giovanni di Panegrazio, dan saya sendiri patungan masing-masing 470 euro untuk memberi bahan-bahan untuk renovasi," tambah dia.

Dengan kerja gotong royong ini, hampir seluruh gedung milik pemerintah kota hampir selesai direnovasi atau dicat.

Warga kota juga ikut berkontribusi dengan menyediakan makanan dan minuman sebagai penghargaan terhadap para pejabat kota yang sangat menyadari kewajiban mereka sebagai pelayan rakyat.

Dalam dua tahun terakhir, Italia dilanda krisis keuangan hebat. Kondisi ini membuat banyak pemerintah lokal berjuang untuk mendapatkan penghasilan dan tak sedikit kota yang terbelit utang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com