Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berhenti Merokok, Pria Turki Kenakan Kurungan Kepala

Kompas.com - 08/07/2013, 19:20 WIB
ANKARA, KOMPAS.com — Menghentikan kebiasaan merokok bagi banyak orang memang sulit, termasuk bagi Ibrahim Yucel (42), warga kota Kutahya, Turki.

Namun, Ibrahim sangat ingin berhenti dari kebiasaan buruk tersebut sehingga dia mengambil jalan ekstrem dengan mengenakan kurungan di kepalanya untuk mencegah dia merokok.

Ibrahim yang merasa keinginannya berhenti masih kalah kuat dibanding nafsu merokoknya mendapatkan ide "kurungan kepala" ini dari program sukses lain, yaitu helm untuk pengendara sepeda motor.

Ibrahim selama bertahun-tahun dikenal sebagai perokok berat. Dia sudah merokok sejak usia 16 tahun dan setiap hari menghabiskan sedikitnya dua bungkus rokok. Demikian dikabarkan harian Hurriyet.

Namun, sejak ayahnya meninggal dunia akibat kanker paru-paru, Ibrahim bertekad berhenti merokok demi kesehatan dirinya dan keluarganya.

Dia sudah mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok, tetapi berkali-kali usaha kerasnya itu gagal.

Akhirnya, Ibrahim merancang sebuah helm atau lebih tepatnya "kurungan" yang mencegahnya untuk merokok.

Setiap pagi, Ibrahim mengenakan "kurungan" itu saat berangkat bekerja. Untuk mencegahnya melepas kurungan dan merokok, Ibrahim meninggalkan kunci kurungan kepalanya itu kepada anak dan istrinya.

Awalnya, keluarga Ibrahim merasa ragu dengan perkakas aneh ciptaan Ibrahim ini. Namun, setelah beberapa hari, mereka sadar bahwa kurungan kepala itu menjadi satu-satunya cara bagi Ibrahim untuk berhenti merokok.

Sayangnya, tak semua orang menganggap "kurungan kepala" Ibrahim itu sebagai sebuah pemandangan biasa. Dalam sebuah rekaman video, terlihat Ibrahim dikelilingi anak-anak yang tertarik dengan kurungan anti-rokoknya itu.

Ada yang mau mencoba mengikuti jejak Ibrahim?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com