Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palsukan Kematian Ayah, Demi Pinjam Uang

Kompas.com - 07/07/2013, 17:55 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Chia Wei Jian tega memalsukan kematian ayahnya demi untuk meminjam uang. Dengan alasan membutuhkan biaya penguburan, empat temannya pun meminjamkan Chia uang sebesar 9.000 dollar Singapura (sekitar Rp 72 juta).

Straits Times, Minggu (7/7/2013) melaporkan, penipuan dimulai ketika pria berumur 28 ini menelepon teman baiknya, Loh Chung Howe. Sambil berurai air mata yang jelas-jelas palsu, Chia memberitahukan kematian ayahnya.

Mengaku kekurangan dana untuk mengirim ayahnya ke “tempat perhentiannya” yang terakhir, Chia memohonkan bantuan. Dengan sigap Loh segera meminjamkan 3.000 dollar Singapura. Yang semakin “luar biasa” pelaku memberitahu Loh tempat di mana ayahnya sedang disemayamkan.

Loh pun kemudian bergerak ke alamat rumah sosial yang diberikan, hanya untuk menemukan bahwa tidak ada nama ayah temannya itu.

Mulai curiga, Loh segera menghubungi tiga temannya yang juga meminjamkan uang kepada Chia. Merasakan ada yang tidak beres, mereka memutuskan mengunjungi rumah pelaku. Betapa kagetnya mereka ketika yang membuka pintu adalah ayah Chia sendiri.

Ayah korban tidak kalah shock ketika diberitahu. Kebohongan putranya itu akhirnya terungkap. Pelaku yang berprofesi sehari-hari sebagai pakar IT itu diciduk. Hukuman denda 8.000 dolar pun dijatuhkan.

Bukan sekali ini, pelaku melakukan kebohongan yang jelas-jelas tidak dapat ditoleransi ini. Dia juga sebelumnya pernah membohongi teman lain dengan alasan dia kecurian uang dan terlibat tabrak lari.

Laporan memberitakan Chia sedang terbelit utang setelah mengalami kerugian besar dalam perdagangan saham. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com