Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasit Tusuk Pemain, Penonton Bunuh Wasit di Brasil

Kompas.com - 07/07/2013, 17:23 WIB


MARANHO, KOMPAS.com
- Seorang wasit tewas dibunuh oleh penonton dalam sebuah laga sepak bola amatir di Brasil utara. Penonton marah karena wasit tersebut menusuk seorang pemain hingga tewas setelah pemain itu menolak meninggalkan lapangan.

Dalam sebuah pertandingan di negara bagian Maranhao akhir Juni lalu, penonton turun ke lapangan dan menyerbu wasit Otavio da Silva. Penonton kemudian melemparinya dengan batu hingga korban tewas. Tak hanya itu, penonton juga memenggal kepala wasit tersebut.

Menurut pejabat polisi setempat, pembunuhan itu merupakan pembalasan atas aksi tusuk yang diduga dilakukannya pada seorang pemain bernama Josenir dos Santos. Polisi menahan seorang tersangka berusia 27 tahun yang diduga terkait kasus itu dan masih melanjutkan penyelidikan.

Meski kejadian sudah berlangsung akhir Juni, tetapi pemberitaan atas kasus tersebut baru muncul akhir-akhir ini. Departemen Keselamatan Publik Brasil menyatakan, insiden itu terjadi pada 30 Juni di sebuah kota terpencil Pio XII.

Kejadian itu berawal dari adu pendapat antara wasit Silva dan Santos. Wasit itu mengusir Santos, tetapi sang pemain menolak meninggalkan lapangan. Silva kemudian mengeluarkan sebilah pisau dan menusuk Santos, yang akhirnya tewas saat dibawa ke rumah sakit.

Tak terima dengan kejadian itu, para pendukung dan rekan-rekan Santos langsung menyerbu lapangan melempari wasit itu dengan batu. Mereka juga memutilasi badan wasit.

"Kami akan temukan dan menuntut semuanya yang terlibat agar bertanggung jawab. Satu tindak kejahatan tidak bisa dipakai sebagai alasan untuk membenarkan kejahatan lain," kata Kepala Polisi Valter Costa seperti ditulis sejumlah media lokal.

Belum lama ini, para suporter sepak bola di Brasil melakukan unjuk rasa hingga berujung kerusuhan. Ribuan orang berunjuk rasa di luar Stadion Maracana tempat berlangsungnya final Piala Konfederasi antara Brasil dan Spanyol, Minggu (30/6/2013).

Aksi brutal penonton sepak bola kerap terjadi di berbagai negara. Salah satu yang terburuk terjadi saat lebih dari 70 orang tewas dalam bentrok suporter bola di Mesir tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com