Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Tawarkan Suaka ke Snowden

Kompas.com - 06/07/2013, 10:25 WIB


CARACAS, KOMPAS.com
— Presiden Venezuela Nicolás Maduro menawarkan suaka bagi Edward Snowden untuk menghindari tu (penangkapan yang dilakukan oleh Washington, setelah sejumlah negara menolak melindungi buron Pemerintah AS itu.

"Atas nama martabat Amerika, saya memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan bagi Edward Snowden," ujar Maduro sebagaimana dikutip Guardian dari televisi nasional negara itu, Sabtu (6/7/2013).

Hingga saat ini, mantan konsultan National Security Agency (NSA) berusia 30 tahun itu diyakini masih berada di area Bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Sementara itu, WikiLeaks kemarin mengungkapkan bahwa Snowden telah mengajukan suaka kepada enam negara, dari sekitar 20 negara yang dipilih untuk melindunginya.

Maduro menyatakan, Venezuela telah siap memberikan perlindungan kepada Snowden. "Dia (Snowden) telah mengungkapkan kebenaran dengan membongkar kegiatan mata-mata yang dilakukan AS ke seluruh dunia," ujar Maduro.

"Untuk itu, siapa yang bersalah? Pemuda itu ataukah Pemerintah AS yang telah meluncurkan bom dan mempersenjatai oposisi Suriah? Siapakah teroris yang sebenarnya?" ujar Maduro berapi-api.

Rusia secara resmi telah menyatakan tak akan menawarkan suaka bagi Snowden, dan meminta pembocor rahasia itu untuk mencari suaka ke negara lain. Moskwa menyatakan, melindungi Snowden sama halnya akan memunculkan risiko diplomatik dengan Washington.

Sementara itu, Nikaragua juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima permintaan suaka Snowden. Presiden Nikaragua Daniel Ortega menyatakan, pihaknya bisa menerima permintaan itu jika kondisi memungkinkan.

"Kami adalah negara yang terbuka dan sangat menghormati hak seseorang memperoleh perlindungan. Jika kondisi memungkinkan, kami dengan senang hati menerima Snowden dan memberikan perlindungan kepadanya," ujar Ortega.

Ortega bersama dengan Presiden Maduro merupakan satu aliansi yang selama ini cukup vokal terhadap berbagai kebijakan Washington.

Nikaragua adalah negara miskin di Amerika Latin, dan selama ini banyak mendapatkan dukungan finansial dari Venezuela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com