Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Diharuskan Diet karena Kegemukan

Kompas.com - 05/07/2013, 13:30 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Seekor orangutan yang obesitas dimasukkan dalam program diet ketat oleh otoritas satwa liar Malaysia setelah dua dekade sering memakan junk food yang diberikan para turis, kata sebuah laporan Jumat (5/7/2013).

Jackie, nama orangutan itu, dilaporkan beratnya mencapai 100 kilogram. Berat sebanyak itu sama dengan dua kali berat normal seekor orangutan betina di habitat aslinya di hutan Kalimantan.

Primata berusia 22 tahun itu dipindahkan tiga bulan lalu oleh departemen satwa liar di negara bagian Sabah, yang terletak di Kalimantan timur laut, karena pengunjung Taman Hutan Poring, tempat Jackie berada, terus memberinya makan.

Laurentius Ambu, direktur departemen satwa liar itu, mengatakan bahwa keakraban Jackie dengan para manusia yang menjaganya membuat binatang itu mencari turis di daerah khusus untuk pengunjung di taman nasional tersebut. "Saya senang bahwa Jackie merupakan orangutan yang jauh lebih bahagia sekarang," kata Ambu seperti dikutip harian The Star.

Para pejabat tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar, tetapi Ambu dilaporkan mengatakan bahwa program penurunan berat badan Jackie akan "memakan waktu". Diet baru primata itu dikatakan mencakup sayuran berdaun dan buah.

Para ahli percaya bahwa sekitar 50.000 sampai 60.000 ekor orangutan masih tersisa di alam liar. Dari jumlah itu, 80 persen berada di Indonesia dan sisanya di Malaysia.

Orangutan menghadapi bahaya kepunahan akibat perburuan dan perusakan cepat hutan yang merupakan habitatnya. Perusakan hutan itu sebagian besar didorong oleh pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit dan tanaman untuk bahan baku kertas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com