Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kejatuhan Muhammad Mursi

Kompas.com - 04/07/2013, 11:04 WIB

November 2011

28: Mesir menyelenggarakan tahap pertama pemilihan umum pertama pasca-revolusi. Partai-partai Islam memenangkan sekitar dua-pertiga kursi parlemen, dari jumlah itu setengahnya diraih Ikhwanul Muslimin.

2012

30 Juni: Muhammad Mursi, yang memenangkan pemilihan presiden dengan perolehan suara 51,7 persen, dilantik. Ia menjadi penguasa sipil pertama sekaligus presiden Islamis pertama di Mesir.

12 Agustus: Mursi menghapus dokumen konstitusi yang menyerahkan  kekuasaan besar kepada  militer dan memecat Marsekal Hussein Tantawi, panglima militer yang menggulingkan pemimpin sebelumnya, Hosni Mubarak.

22 November: Mursi menerbitkan dekrit tentang kekuasaan baru buat dirinya sendiri. Namun, dia membatalkan dekrit itu pada 8 Desember setelah ada penolakan luas.

15 dan 22 Desember: 64 persen pemilih dalam referendum dua putaran mendukung konstitusi baru itu dalam sebuah pemungutan suara yang oposisi katakan telah dicurangi. Demonstrasi oleh para pendukung dan penentang Mursi kadang-kadang berubah menjadi bentrokan yang mematikan.

2013

24 Januari: Terjadi kekerasan antara para demonstran dan polisi pada malam ulang tahun pemberontakan 2011. Hampir 60 orang tewas dalam waktu satu minggu.

2 Juni: MA Mesir tidak mengesahkan Senat yang didominasi kaum Islamis, yang mengemban sebuah peran legislatif ketika parlemen dibubarkan, dan sebuah panel yang menyusun konstitusi.

30 Juni: Demonstrasi dengan massa besar ketika warga Mesir turun ke jalan-jalan untuk menggulingkan Mursi pada ulang tahun pertama kekuasaannya yang bergolak.

1 Juli: Oposisi memberi Mursi waktu satu hari untuk berhenti atau menghadapi pembangkangan sipil. Angkatan bersenjata memperingatkan bahwa mereka akan melakukan intervensi jika tuntutan rakyat tidak dipenuhi dalam waktu 48 jam.

2 Juli: Sejumlah pria bersenjata membunuh 16 orang dan melukai 200 lainnya dalam sebuah unjuk rasa pro-Mursi di Kairo.

3 Juli: Panglima Angkatan Bersenjata, Abdel Fattah al-Sisi, menggulingkan Mursi dan menyatakan bahwa Ketua Mahkamah Agung sebagai pemimpin caretaker.

Klik juga foto-foto ukuran besar tentang "Presiden Mesir Digulingkan" di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com