Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Shah Reza Pahlevi Meninggal di Kairo

Kompas.com - 04/07/2013, 03:51 WIB
Pieter P Gero

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — Putri Fawzia, anggota keluarga terakhir dari Kerajaan Mesir dan istri pertama dari monarki Iran, Muhammad Reza Pahlevi, meninggal dunia di Alexandria, Mesir, Selasa (2/7/2013). Dia dikabarkan meninggal pada usia 92 tahun.

Kalangan oposisi Iran yang berbasis di Paris, Perancis, Rabu (3/7/2013), menyebutkan Putri Fawzia meninggal pada usia 92 tahun di kediamannya di Alexandria, sebuah kota pelabuhan Mesir di tepian Laut Tengah.

Belum diketahui apa penyebab kematian Putri Fawzia. Dia adalah putri dari Raja Mesir Fuad I yang berkuasa sampai 1936. Saudaranya dan keponakannya kemudian meneruskan kekuasaan sampai monarki Mesir digulingkan pada 1953.

Fawzia menikah dengan Putra Mahkota Iran yang kemudian menjadi Shah Iran, Muhammad Reza Pahlevi, pada 1939. Pemimpin Iran ini digulingkan pada 1979 dalam Revolusi Islam Iran.

Putri Fawzia dan Shah Reza bercerai pada 1945 setelah melahirkan seorang putri. Putri Fawzia menikah lagi pada 1949 dengan perwira militer Mesir. Jenazah Fawzia telah dimakamkan di Kairo, Rabu (3/7/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com